Minggu, 03 Mei 2009

ELEGI SEGITIGA

Pengetahuan:
Wahai segitiga siapakah dirimu? Bolehkah aku mengenalmu?

Segitiga:
Aku adalah bidang yang dibatasi oleh tiga buah ruas garis yang dibentuk oleh tiga titik yang tidak segaris yang sepasang-sepasang saling bertemu pada ujung-ujungnya. Ketiga ruas garis itu disebut sisi-sisiku dan sudut diantara pasangan-pasangan sisiku disebut sudut yang jumlah ketiga sudutku adalah 1800.

Pengetahuan:
Aku ingin mengenalmu lebih dalam?

Segitiga:
Tinjaulah sisi-sisiku maka engkau akan menemukan dua dari diriku. Tinjaulah sudut-suduku maka engkau akan menemukan tiga dari diriku. Tinjaulah sisi-sisi dan sudut-sudutku maka engkau akan menemukan dua dari diriku.

Pengetahuan:
Aku telah meninjau sisi-sisimu dan aku pun telah menemukan dirimu yang dua itu. Maukah engkau menjelaskannya kepadaku?

Segitiga:
Jika ada dua sisiku yang saling kongruen maka aku disebut Segitiga Samakaki. Namun, jika ketiga sisiku saling kongruen maka aku disebut Segitiga Samasisi.

Pengetahuan:
Sekarang aku meninjau sisi-sisimu ternyata engkau benar. Aku menemukan tiga dari dirimu. Tolonglah engkau jelaskan kepadaku dirimu yang tiga itu!

Segitiga:
Jika salah satu sudutku adalah sudut tumpul maka aku disebut Segitiga Tumpul. Jika salah satu sudutku adalah sudut siku-siku maka aku disebut Segitiga Siku-siku. Namun, jika ketiga sudutku adalah sudut lancip maka aku disebut Segitiga Lancip.

Pengetahuan:
Wahai segitiga aku ingin lebih mengenalmu maka aku pun meninjau sisi-sisi dan sudut-sudutmu dan aku menemkan dua dari dirimu. Namun, aku ingin engkau lebih mengenalkannya kepadaku!

Segitiga:
Jika sudut antara sisi-sisiku yang saling kongruen adalah sudut siku-siku maka aku disebut Segitiga Siku-siku Samakaki. Sedangakan diriku yang satunya itu adalah Segitiga Tumpul Samakaki yaitu jika sudut antara sisi-sisiku yang saling kongruen adalah sudut tumpul.
Pengetahuan:
Wahai segitga terima kasih engkau telah bersedia mengenalkan dirimu kepadaku.

1 komentar:

  1. apakah dalam diri kita akan terdapat beberapa sifat yang menimbulkan kkesombongan kalau dilihat dalam elegi itu mohon dibalas ha/....

    BalasHapus