Selasa, 19 Mei 2009

ELEGI PERKALIAN DENGAN BILANGAN NOL

Bilangan y:
Aku adalah y. Aku mewakili semua bilangan. Aku ingin tahu siapakah sesungguhnya diriku jika dikalikan dengan bilangan nol? Wahai Matematika1, tolonglah diriku!

Matematika1:
Baiklah aku akan menolongmu menemukan siapa sesungguhnya dirimu. Begini, misalkan sebuah persamaan x tambah nol sama dengan nol. Selanjutnya x tambah nol sama dengan x, itu semua kalikan dengan y sehingga diperoleh y dikali x tambah nol sama dengan y kali x. Wahai bilangan y, aku tak bisa melanjutkan kalimatku. Aku akan meminta temanku, Matematika2 untuk membantu kita. Wahai Matematika2 bantulah aku mencari siapakah sesungguhnya y kali nol!

Matematika2:
Baiklah akan aku coba. Pada y kali x tambah nol sama dengan y kali x diberlakukan sifat distributif maka didapat y kali x ditambah y kali nol sama dengan y kali x. Wahai Matematika1 bisakah engkau melanjutkan kalimatku?

Matematika1:
Okey, y kali x ditambah y kali nol sama dengan y kali x semuanya itu dikurangi negatif y kali x. Sehingga diperoleh negatif y kali x ditambah y kali x ditambah y kali nol sama dengan y kali x ditambah negatif y kali x atau nol ditambah y kali x sama dengan nol. Maka akhirnya dapatlah aku katakan bahwa sesungguhnya y kali nol sama dengan nol.

Bilangan y:
Wahai Matematika1 dan Matematika2, terimakasih kalian telah menolongku!

1 komentar: